Sabtu, 16 Desember 2017

Perbedaan Save Dan Save as Apa sih ? Baca Lengkapnya Di Sini

Setelah kita melakukan sebuah pekerjaan dengan menggunakan komputer, hal yang harus dilakukan biasanya adalah melakukan penyimpanan. Pekerjaan yang sudah selesai kita kerjakan harus disimpan agar dapat dibuka atau dilihat lagi nantinya. 

Dengan melakukan penyimpanan, kita juga dapat melakukan pengeditan atau melakukan koreksi pada pekerjaan yang sudah kita lakukan pada waktu yang akan datang. Penyimpanan dapat dilakukan pada tempat penyimpanan yang tersedia di komputer yang Anda miliki. 

Untuk melakukan penyimpanan, ada dua cara yang biasa dilakukan. Cara tersebut adalah dengan menggunakan perintah save dan perintah save as. Keduanya sebenarnya memiliki fungsi untuk menyimpan hanya saja ada perbedaan save dan save as yang perlu kita ketahui. 


Perbedaan save dan save as


Bahasan kita kali ini adalah untuk mengetahui apa perbedaan save dan save as. Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan save dan save as, Anda datang pada laman yang tepat. Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari perintah save dan perintah save as. Adapun pengertian tersebut adalah sebagai berikut.

1. Perintah save
Perbedaan save dan save as dapat dilihat dari perbedaan pengertiannya. Pengertian dari perintah save adalah perintah yang digunakan untuk melakukan penyimpanan dokumen yang sebelumnya sudah tersimpan. 

Misalnya saja, kita membuka sebuah dokumen yang sudah tersimpan sebelumnya dan melakukan perubahan terhadap dokumen atau file tersebut. Setelah selesai, kita dapat menyimpan perubahan tersebut pada nama file atau dokumen yang sama dengan menekan perintah save. 

Untuk file yang baru Anda buat, menekan perintah save dan save as tidak memiliki pengaruh, hal ini karena pada file baru, baik perintah save maupun save as akan merujuk pada satu perintah yang sama, yaitu menyimpan dokumen atau file pada suatu tempat. 

Baca tutorial : Cara mudah membuat diagram batang di word

2. Perintah save as

Menu save as biasanya digunakan untuk menyimpan file yang baru dibuat atau untuk menyimpan file lama yang sudah diedit dengan lokasi dan atau nama baru. Jika Anda membuat sebuah dokumen atau file baru dan ingin menyimpannya, walaupun Anda menekan tombol save, Anda akan dirujuk pada perintah save as. 

Anda dapat memilih dokumen tersebut disimpan dimana pada perintah save as ini. Anda juga dapat menuliskan nama dokumen sesuai dengan yang diinginkan dan bentuk file yang akan Anda simpan. Pilihan bentuk file dapat dipilih sesuai dengan keperluan.

Bagaimana? Sudah jelaskan perbedaan save dan save as? Dari pengertian di atas, kita dapat mengetahui perbedaan save dan save as. Perbedaan perintah tersebut sebenarnya hanya ada pada waktu menyimpannya saja. Tujuan dari kedua perintah tersebut sama, yaitu untuk menyimpan sebuah file atau dokumen. Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman Anda terhadap pengertian save dan save as serta penggunaannya.

Load disqus comments

0 komentar